Faktor-Faktor Narkotika Mengakar Di Masyarakat

A Zulkarnain

Dalam hidup bermasyarakat kita sering merasakan kontak sosial yang bertentangan dengan norma-norma kehidupan. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan perilaku menyimpang yang dapat menimbulkan kerugian bagi pihak yang bersangkutan maupun orang disekitarnya. Sebagai contoh, kita sering mendapatkan informasi mengenai buruknya penyalahgunaan narkotika, yang mana dapat merusak kesehatan secara fisik maupun mental. Buruknya lagi dapat merusak generasi bangsa yang merupakan bibit negara ini sebagai penentu bangkit atau runtuhnya bangsa Indonesia. Akan tetapi, walaupun banyak organisasi anti narkotika di kalangan masyarakat atau pemerintah, bangsa ini belum mampu untuk memberantas penyalahgunaan narkotika hingga ke akarnya. Mengapa?

Dalam dunia pendidikan sudah jelas ditekankan agar menjauhi bahaya narkotika. Peringatan tersebut bagaikan sudah meresap ke dalam ingatan anak-anak yang menerima ilmu dari sekolah dasar. Lalu bagaimana narkotika bisa mengakar di bangsa ini?

Berdasarkan peristiwa yang sering terjadi, narkotika telah menjerat beberapa kalangan selebritis mau pun pegawai sipil negara sebagai mana mereka adalah figur sosial yang menjadi sorotan masyarakat. Oleh karena itu kita perlu membentengi diri dengan mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan sesorang menyalahgunakan narkotika. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu orang menyalahgunakan narkotika:

  1. Keluarga

Seorang anak yang merasakan pahitnya broken home karena rusaknya keharmonian keluarga, akan membuat dirinya semakin tidak terarah hingga mudah untuk dipengaruhi oleh para pengedar narkotika. Untuk itu jagalah kerukunan dalam berkeluarga agar tercipta keharmonian dalam menjaga anggota keluarga.

  1. Pergaulan

Semakin dewasa seorang anak, maka cakupan pergaulannya pun semakin meluas. Sehingga memungkinkan para pengedar narkotika untuk memasuki zona anak tersebut. Maka dari itu perlu diperhatikan dengan siapa saja orang-orang yang kita sayangi bergaul, agar dapat mencegah bahaya narkotika.

  1. Ekonomi

Banyak orang yang rela melakukan perilaku menyimpang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti pengedar narkotika yang penghasilannya dapat memberikan kehidupan mewah bagi para pelakunya. Bagi kita yang ingin berjuang untuk negara ini, carilah rezki yang halal meskipun sedikit dari pada rezki yang banyak tapi menghancurkan negara ini.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan narkotika mengakar di masyarakat. Berdasarkan faktor tersebut apakah anda telah mencegah bahaya narkotika?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *