Pengangguran dan Dampaknya Ke Masyarakat

Pengangguran adalah sebuah sebutan untuk orang yang tidak memiliki pekerjaan baik tetap maupun tidak tetap, Pengangguran disebabkan oleh sulitnya untuk mendapatkan pekerjaan ataupun permintaan kebutuhan dari industri maupun perusahaan yang mengalami penurununan akibat dampak dari perekonomian dari suatu industri atau perusahanan yang kemudian memperkecil ruang lingkup penerimaan karyawan baru. Dengan adanyan dampak penurunan perekonomian tersebut dapat menambah jumlah angka pengannguran di suatu daerah maupun negara.

Umumnya pengangguran terjadi dikarenakan berbagai faktor,salah satunya yaitu faktor tidak memiliki kemampuan(skill) khusus dalam melamar suatu pekerjaan yang diinginkan,karena kemampuan khusus sangat menunjang untuk dapat diterima oleh suatu industri atau perusahaan dalam mencari karyawan baru, kemudian faktor selanjutnya adalah persyaratan untuk melamar di suatu industri atau perusahaan dalam menerima karyawan baru sehingga hal tersebut dapat memperkecil ruang lingkup para calon karyawan baru.

Dengan kata lain salah satu faktor yang dapat memperkecil ruang lingkup  penerimaan karyawan baru tersebut seperti persyaratan tinggi badan, dimana suatu perusahaan ternama membuka kesemptan untuk bergabung di perusahaan tersebut dengan syarat sebagai berikut: Pendidikan Strata 1 Akuntansi (S1 Akutansi), nilai IPK, usia, Tinggi badan min 155 cm untuk wanita, untuk pria min 160 cm, dengan demikian calon karyawan baru yang mempunyai tinggi badan tidak memenuhi standar maka tidak dapat untuk mengikuti proses seleksi penerimaan karyawan tersebut, sehingga dapat menambah jumlah angka pengangguran di suatu daerah tersebut.

Pengganguran juga dapat disebabkan karena pendidkan dari calon karyawan, karena di Indonesia masih banyak yang hanya menempuh pendidikan sampai Sekolah Menengah Atas (SMA), pada zaman sekarang ini banyak dari perusahaan yang hanya mau menerima karyawan baru dari latar pendidikan sarjana,diploma, sehingga ini juga dapat menambah tingkat pengangguran di Indonesia.

Pengangguran dapat bertambah tiap tahun nya dikarenakan juga dari bertambah nya lulusan baru tiap tahun dari berbagai jenjang pendidikan seperti SMA, Diploma, Sarjana yang belum sama sekali memiliki pengalaman untuk bekerja, belum lagi di setiap jenjang pendidikan menghasilkan lulusan yang begitu banyak akan tetapi belum dapat diserap atau bekerja didunia industri atau lembaga lainnya baik instansi pemerintah ataupun swasta.

Kebanyakan lulusan baru akan pergi ke suatu daerah yang industri atau perusahaan di saerah tersebut banyak atau maju, maka lulusan baru akan beramai –ramai untuk mencari lapangan pekerjaan didaerah tersebut seperti kota Jakarta. Salah satu faktor yang harus dibenahi oleh pemerintah adalah untuk dapat membuat lapangan pekerjaan untuk masyarakat indonesia agar dapat bekerja dan memenuhi kebutuhan hidup sehari –hari.

Padahal negara Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat banyak dan sumber daya manusia yang sangat banyak juga, akan tetapi di Indonesia proses penerimaan karyawan baru juga cukup sulit dikarenakan seperti faktor pendidikan,pengalaman,tinggi badan,informasi yang tidak luas, sehingga masyrakat Indonesia cukup kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan.

Indonesia juga mempunyai industri-industri yang begitu bisa dikatakan maju karena banyak perusahaan yang melakukan export ke negara –negara lain,akan tetapi industri di Indonesia masih banyak nya modal asing yang melakukan kerjasama di Indonesia, serta modal asing tersebut juga memperkerjakan karyawan yang bukan penduduk Indonesia, sehingga ini merupakan dampak bertambah nya angka pengangguran di Indonesia.

Bekerja berarti memiliki produksi. Seberapa pun produksi yang dihasilkan tetap lebih baik dibandingkan jika tidak memiliki produksi sama sekali. Karena itu, apa pun alasan dan bagaimanapun kondisi Indonesia saat ini masalah pengangguran harus dapat diatasi dengan berbagai upaya.(dikutip dari maharani blog spot.com).

Bagaimanapun bekerja sangat lah penting karena umum nya orang indonesia kegitan sehari-hari mereka ialah bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup mereka,akan tetapi ruang lingkup pekerjaan masih sangat terbatas oleh beberapa faktor diatas tadi sehingga masih banyak nya jumlah pengangguran di Indonesia ,Tingkat pengangguran yang tinggi dapat menimbulkan suatu masalah seperti perampokan, pembunuhan, yang dapat merugikan pihak – pihak tertentu.

Kedaaan kondisi pengangguran merupakan pemborosan sumber daya manusia yang dapat merugikan diri sendiri karena banyak dari lulusan tiap tahunnya yang tidak bekerja sehingga tidak mempunyai penghasilan dan msih bergantung kepada orang tua,saudara sehingga menambah beban. Dengan bekrja orang dapat menghasilkan suatu materi yang dapat meringankan beban orang tua ataupun saudara yang dapat memenuhi kebutuhan hidup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *