Pentingnya Pendidikan Luar Sekolah bagi Anak Remaja

Dalam era globalisasi ini pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap masyarakat. Berbagai aspek kehidupan menuntut setiap individu memiliki pendidikan yang baik. Aspek- aspek kehidupan seperti pekerjaan, hiburan, dan bahkan dalam membina keluarga sekalipun membutuhkan pendidikan yang baik. Pendidikan itu sendiri dapat bersifat formal dan non-formal. Pendidikan formal seperti sekolah, kuliah dan institut pembelajaran lainnya seringkali sudah menyediakan pendidikan luar sekolah bagi siswa-siswa nya. Hal tersebut terjadi karena banyaknya tuntutan untuk keahlian yang lebih dari sekedar formalitas dalam dunia kerja yang akan dihadapi siswa- siswa tersebut. Pendidikan di luar sekolah juga dapat menunjang kemampuan-kemampuan siswa dalam melaksanakan kewajibannya sebagai siswa.

Pendidikan luar sekolah yang paling efektif ialah pendidikan di lingkungan keluarga, seringkali kita dengar bahwa pendidikan berawal dari rumah. Pada masa pertumbuhan anak, apa yang diajarkan oleh keluarga kepada anak akan membentuk anak itu pada masa mendatang, baik di sekolah, maupun dalam profesinya kelak. Namun, pendidikan luar sekolah juga dapat dibentuk menjadi institut-institut form.

Pendidikan luar sekolah itu sendiri menyediakan berbagai fasilitas untuk mencapai kemampuan-kemampuan yang dilatih dalam program yang telah disusun oleh lembaga pendidikan di luar sekolah itu sendiri. Maka pada dasarnya pendidikan di luar sekolah lebih efektif dalam membantu siswa-siswa yang kesulitan dalam mencapai kemampuan tersebut. Menurut D. Sudjana (1966:44) terdapat berbagai jenis pendidikan di luar sekolah, antara lain (1) Pendidikan Massa; pendidikan yang berguna bagi warga dalam memenuhi taraf hidupnya sebagai warga negara, pembelajaran yang di lakukan seperti berhitung, membaca dan menulis. Pendidikan ini diberikan kepada masyarakat luas guna mengurangi angka individu yang buta huruf, taraf pendidikan yang rendah, dll. (2) Pendidikan Masyarakat; pendidikan yang dilakukan di luar pendidikan sekolah terhadap orang dewasa dan dilakukan di luar lingkungan sekolah atau fasilitas pendidikan formal lainnya. (3) Pendidikan Dewasa; pendidikan yang berguna untuk meningkatkan kemampuan orang dewasa dalam memenuhi kewajibannya dalam profesi yang telah digeluti nya. (4) Pendidikan Perluasan; pendidikan yang dilakukan baik di dalam maupun di luar lingkungan pendidikan formal sekalipun, sebagai tujuan pencapaian bagi seorang individu dalam menjalani pergolakan zaman.

Pendidikan luar sekolah merupakan salah satu aspek penting dalam membentuk kemampuan seseorang, sayangnya hal ini sering diabaikan karena masyarakat merasa bahwa hanya pendidikan formal lah yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan seorang anak. Pentingnya pendidikan luar sekolah perlu ditekankan dan disosialisasikan lebih luas di Indonesia khususnya.

https://englishbridge.co.id/id

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *