Penyakit Masyarakat Menghambat Kemajuan Pembangunan

Penyakit masyarakat di era gelobalisasi ini cenderung meningkat akibat perkembangan teknologi yang sangat pesat. Manusia merupakan makhluk sosial yang cenderung bersikap dinamis. Hal ini membuat masyarakat ingin selalu menggetahui sesuatu yang baru. Jika ada tren yang sedang viral, masyarakat cenderung ikut-ikutan tanpa melihat apakah dampak itu baik atau benar. Inilah peyakit masyarakat yang harus diperhatikan. Meskipun hal ini sepertinya kecil, namun tidak boleh disepelekan karena akan berdampak besar bagi kehidupan sosial masyarakat.

Munculnya media baru yang cepat untuk digunakan menjadi kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi. Namun, hal ini menimbulkan dampak positif maupun negatif apabila kurang cermat menerima media baru. Dampak positifnya masyarakat lebih mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan dalam hal bersosialisasi masyarakat bisa menemukan teman lama di media sosia serta media baru juga digunakan sebagai bisnis online yang menguntungkan.

penyakit masyarakat

Naasnya jika kurang cermat memilah media baru akan berdampak negatif yang bisa menjadi penyakit masyarakat bila tidak menggunakan media sosial dengan bijak, di antaranya budaya saling bully di media sosial sekarang merajalela, mengakses situs-situs negatif sangat mudah, media sosial juga menjadi wadah membuat perpecahan antar ras, suku, agama, dan golongan karena saling sindir ujaran kebencian, sangat mudah untuk menyebarkan berita hoax, yang lebih mengerikan media sosial kini telah banyak digunakan untuk menyebarkan konten-konten pornografi dan kekerasaan. Akibatnya timbul perpecahan dan gesekan emosi sosial pada generasi penerus bangsa yang akan menjadi penyakit masyarakat.

Hal ini harus dicegah sejak dini karena akan mengakibatkan penyakit masyarakat yang menjamur. Peran pemerintah sangat penting dalam menanamkan pendidikan tentang pentingnya menyaring perkembangan teknologi dan media baru. Selain itu, pemerintah harus tegas dalam menerapkan hukuman atau sangsi kepada masyarakat yang melanggar undang-undang ITE. Pemerintah juga harus memberikan kebijakan dalam menanggulanggi konten-konten negatif. Jangan sampai masyarakat dimanfaatkan oleh teknologi bukan memanfaatkan teknologi dengan baik. Untuk itu agar terhindar dari penyakit masyarakat jadilah generasi yang cerdas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *